AZAZ DAN SENDI DASAR KOPERASI

1.4   AZAZ DAN SENDI DASAR KOPERASI
            Azaz Koperasi
             UU No. 25/1992, pasal 2 , menyatakan kekeluargaan sebagai asas koperasi . Di satu pihak lain hal itu sesuai dengan penegakan ayat 1 pasal 33 UUD 1945 beserta penjelasan sebagai mana telah dikemukakan diatas. Sejauh bentuk –bentuk perusahaan lainnya tidak dibangun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan ini merupakan pembeda utama antara koperasi dengan bentuk usaha lainnya.
            Dan Azaz Koperasi adalah kekeluargaan dan Kegotongroyongan.


            Sendi – sendi Dasar Koperasi :
·         Sifat keanggotaan sukarela dan terbuka untuk setiap warga Indonesia.
·         Rapat anggota merupakan kekuasaan yang tertinggi sebagai pencerminan demokrasi dalam koperasi.
·         Pembagian sisa hasil usaha diatur menurut jasa masing-masing abggota.
·         Adanya pembatasan bunga atas modal.
·         Mengembangkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.
·         Usaha dan ketatalaksanaannya bersifat terbuka.
·         Swadaya , swakerta, dan swasembada sebagai pencerminan pencerminan dari prinsip dasar yaitu percaya pada diri sendiri.
                                                                                            
1.5  RUANG LINGKUP EKONOMI KOPERASI
            Ekonomi koperasi membahas tentang penerapan ilmu ekonomi dalam mengembangkan koperasi. Ilmu ekonomi yang dimaksud terutama dari ilmu ekonomi mikro karena koperasi dipandang sebagai unit usaha yang mempunyai tujuan ekonomi. Hanya saja ada perbedaan tujuan ekonomi koperasi dengan unit usaha yang bukan koperasi. Umumnya unit usaha yang bukan koperasi bertujuan mencari keuntungan maksimal, sedangkan koperasi selain bertujuan mencari keuntungan juga melakukan pelayanan kepada anggotanya.
            Koperasi sebagai bagian dari sistem pasar akan bersaing dengan unit usaha lain dengan pasar yang sama- sama memberikan pelayanan kepada anggota masyarakat, sehingga factor keuntungan kompraratif( keuntungan yang diperbandingkan) sangat penting bagi eksistensi koperasi. Dasar yang digunakan dalam mangetahui keunggulan bersaing adalah efisiensi usaha, artinya hanya unit usaha yang mempunyai keunggulan bersaing dalam sistem pasar yang demikian luas. Oleh karena itu konsep efisiensi koperasi menjadi sorotan penting dalam buku ini.
            Sisi lain dari ekonomi koperasi yang berbagai harapan yang dikemukakan dalam buku ini adalah kewirausahaan koperasi dan kebijakan-kebijakan koperasi,khususnya di Indonesia. Kewirausahaan koperasi ,khususnya di Indonesia, kewirausahaan koperasi perlu dibahas karena maju mundurnya koperasi tergantung pada keputusan – keputusan yang diambil para wirausaha muda.seperti anggota dan manajemen.

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

Bagus Asta Iswara Putra, A.A Sagung Kartika Dewi Abstract The aim of this study was to examine the direct effect of job satisfaction ...