A. Pentingnya
Motivasi
Dalam sebuah organisasi atau badan lembaga apapun selalu
di gerakan oleh kinerja dari para anggota nya. Dengan seorang pemimpin atau
manajer yang mengarahkan tugas mereka serta membimbing mereka. Untuk mencapai
tujuan lembaga/organisasi tersebut, seorang manajer terlebih dahulu
mensosialisasikan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh para anggota demikian
juga mengenai hak yang dapat mereka peroleh. Istilah yang paling umum digunakan
adalah kontrak kerja. Namun saat praktikal nya, terkadang beberapa anggota
mengalami penurunan mood atau penurunan semangat kerja yang disebabkan oleh
berbagai macam alasan (relatif). Oleh karena itulah motivasi diperlukan dan
peranan seorang manajer dipertanggung jawabkan. Karena walaupun dengan ada nya
kontrak kerja bukan berarti memastikan seberapa banyak usaha yang harus mereka
kontribusikan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Banyak faktor yang
mempengaruhi keefektifan kerja mereka baik dari suasana kegairahan dan perasaan
para anggota.
B. Pengertian
Motivasi
Secara singkat nya, Motivasi adalah faktor-faktor yang
mendorong seseorang dalam melakukan sesuatu yang dimana tingkat usaha yang
dilakukan selalu beragam tergantung dari motivasi tiap individual. Sehingga
bisa di anggap sebagai kebutuhan seseorang untuk mengerjakan sesuatu dalam
kondisi yang mereka harapkan.
C. Proses
Timbul nya Motivasi Seseorang
Motivasi tidak dapat begitu saja timbul ketika seseorang
melakukan sesuatu, namun karena ada nya beberapa indikasi yang memancing
motivasi tersebut.
Berikut adalah beberapa indikator tersebut :
1.
Kebutuhan
yang belum terpenuhi
2. Mencari dan memilih cara-cara untuk memuaskan kebutuhan
(melibatkan kemampuan, ketrampilan, pengalaman yang bersangkutan)
3.
Perilaku
yang diarahkan pada tujuan
4.
Evaluasi
Prestasi
5.
Imbalan
atau hukuman
6.
Kepuasan
7.
Menilai
kembali kebutuhan yang belum terpenuhi
D. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Motivasi
Banyak pakar yang
menyertakan pendapat mereka mengenai berbagai macam faktor yang mempengaruhi
motivasi seseorang. Namun apabila dipilah maka akan didapatkan hasil seperti
berikut :
1.
Karakteristik
Individu
a)
Minat
b)
Sikap
terhadap diri sendiri, pekerjaan, dan situasi pekerjaan
c)
Kebutuhan
Individual
d)
Kemampuan
atau potensi
e)
Pengetahuan
tentang pekerjaan yang akan dilakukan
f)
Suasana
perasaan, emosi dan berbagai hal yang sentimentil bagi yang bersangkutan
Selain
karakteristik individu terdapat juga faktor-faktor pekerjaan. Yang menentukan
motivasi seseorang adalah bagaimana karakteristik seseorang dapat
bersinkronisasi dengan faktor-faktor pekerjaan, sehingga orang-orang cenderung
termotivasi untuk melakukan pekerjaan nya.
2.
Faktor-Faktor
Pekerjaan
a)
Faktor
lingkungan pekerjaan
1)
Gaji
dan benefit yang diterima
2)
Kebijakan-kebijakan
perusahaan
3)
Supervisi
4)
Hubungan
antar manusia
5)
Kondisi
pekerjaan seperti jam kerja
6)
Budaya
organisasi
b)
Faktor
dalam pekerjaan
1)
Sifat
pekerjaan
2)
Rancangan
tugas/pekerjaan
3)
Pemberian
pengakuan terhadap prestasi
4)
Tingkat/
besar nya tanggung jawab yang diberikan
5)
Adanya
perkembangan dan kemajuan dalam pekerjaan
6)
Ada
nya kepuasaan dari pekerjaan
No comments:
Post a Comment