MOTIVASI



A.   Pentingnya Motivasi
Dalam sebuah organisasi atau badan lembaga apapun selalu di gerakan oleh kinerja dari para anggota nya. Dengan seorang pemimpin atau manajer yang mengarahkan tugas mereka serta membimbing mereka. Untuk mencapai tujuan lembaga/organisasi tersebut, seorang manajer terlebih dahulu mensosialisasikan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh para anggota demikian juga mengenai hak yang dapat mereka peroleh. Istilah yang paling umum digunakan adalah kontrak kerja. Namun saat praktikal nya, terkadang beberapa anggota mengalami penurunan mood atau penurunan semangat kerja yang disebabkan oleh berbagai macam alasan (relatif). Oleh karena itulah motivasi diperlukan dan peranan seorang manajer dipertanggung jawabkan. Karena walaupun dengan ada nya kontrak kerja bukan berarti memastikan seberapa banyak usaha yang harus mereka kontribusikan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi keefektifan kerja mereka baik dari suasana kegairahan dan perasaan para anggota.
B.   Pengertian Motivasi
Secara singkat nya, Motivasi adalah faktor-faktor yang mendorong seseorang dalam melakukan sesuatu yang dimana tingkat usaha yang dilakukan selalu beragam tergantung dari motivasi tiap individual. Sehingga bisa di anggap sebagai kebutuhan seseorang untuk mengerjakan sesuatu dalam kondisi yang mereka harapkan.
C.   Proses Timbul nya Motivasi Seseorang
Motivasi tidak dapat begitu saja timbul ketika seseorang melakukan sesuatu, namun karena ada nya beberapa indikasi yang memancing motivasi tersebut.
Berikut adalah beberapa indikator tersebut :
1.      Kebutuhan yang belum terpenuhi
2.  Mencari dan memilih cara-cara untuk memuaskan kebutuhan (melibatkan kemampuan, ketrampilan, pengalaman yang bersangkutan)
3.      Perilaku yang diarahkan pada tujuan
4.      Evaluasi Prestasi
5.      Imbalan atau hukuman
6.      Kepuasan
7.      Menilai kembali kebutuhan yang belum terpenuhi

D.   Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi
Banyak pakar yang menyertakan pendapat mereka mengenai berbagai macam faktor yang mempengaruhi motivasi seseorang. Namun apabila dipilah maka akan didapatkan hasil seperti berikut :
1.      Karakteristik Individu
a)      Minat
b)      Sikap terhadap diri sendiri, pekerjaan, dan situasi pekerjaan
c)      Kebutuhan Individual
d)     Kemampuan atau potensi
e)      Pengetahuan tentang pekerjaan yang akan dilakukan
f)       Suasana perasaan, emosi dan berbagai hal yang sentimentil bagi yang bersangkutan
                        Selain karakteristik individu terdapat juga faktor-faktor pekerjaan. Yang menentukan motivasi seseorang adalah bagaimana karakteristik seseorang dapat bersinkronisasi dengan faktor-faktor pekerjaan, sehingga orang-orang cenderung termotivasi untuk melakukan pekerjaan nya.
2.    Faktor-Faktor Pekerjaan
a)      Faktor lingkungan pekerjaan
1)      Gaji dan benefit yang diterima
2)      Kebijakan-kebijakan perusahaan
3)      Supervisi
4)      Hubungan antar manusia
5)      Kondisi pekerjaan seperti jam kerja
6)      Budaya organisasi

b)      Faktor dalam pekerjaan
1)      Sifat pekerjaan
2)      Rancangan tugas/pekerjaan
3)      Pemberian pengakuan terhadap prestasi
4)      Tingkat/ besar nya tanggung jawab yang diberikan
5)      Adanya perkembangan dan kemajuan dalam pekerjaan
6)      Ada nya kepuasaan dari pekerjaan

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

Bagus Asta Iswara Putra, A.A Sagung Kartika Dewi Abstract The aim of this study was to examine the direct effect of job satisfaction ...