Peranan Perpustakaan SMA Negeri 5 Denpasar Dalam Meningkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan


Sebagai mana di setiap sekolah tentu mempunyai sebuah ruangan yang disebut dengan perpustakaan.sebagian besar orang-orang mengenal perpustakaan dengan jumlah buku yang berderet di setiap rak buku dan berjajar dengan rapi. Perpustakaan berasal dari kata pustaka yang artinya buku. Dalam bahasa Latin, kata perpustakaan ini berasal dari kata liber yang diadopsi ke dalam bahasa Inggris menjadi library yang juga mengandung arti buku atau sesuatu yang menyangkut buku. Definisi perpustakaan adalah sebuah ruangan atau bagian sebuah gedung atau gedung itu sendiri yang dipergunakan untuk kegiatan penyimpanan dan peminjaman buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk pembaca dimana bahan-bahan publikasi itu tidak diperjual-belika dan mengelolanya dengan cara khusus sebagai sumber informasi sehingga dapat di gunakan oleh pemakainya. 

Dari adanya perpustakaan kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu atau pengetahuan yang belum pernah kita dapatkan. Peranan perpustakaan dari berbagai fungsi dan kegunaannya sangatlah bermacam, karena ini adalah perpustakaan sekolah jadi peranannya adalah agar siswa-siswi dapat belajar dengan mudah, bisa memanfaatkan waktu luang dengan datang ke perpustakaan sehingga keberadaan perpustakaan sangat di manfaatkan untuk kepentingan umum bukan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya . Jika di suatu ketika seorang murid ingin mencari bahan untuk membuat suatu makalah atau tugas bisa meminjam buku di perpustakaan sekolah , karena setiap siswa-siswi sudah mempunyai kartu perpustakaan masing-masing hal itu membuat kemudahan untuk meminjam buku. Di sekolah kami khususnya SMA Negeri 5 Denpasar penataan perpustakaan di lakukan dengan cara “klasifikasi Dewey”. Dimana klasifikasi ini digunakan agar  memudahkan untuk mencari dan menempatkan jenis buku. 10 Klasifikasi Dewey tersebut seperti:
000 Karya Umum                                                        500 Ilmu-ilmu Murni
100 Filsafat                                                                  600 Ilmu-ilmu Terapan
200 Agama                                                                  700 Kesenia dan Olahraga
300 Ilmu-ilmu Sosial                                                     800 Kesusastraan
400 Bahasa                                                                  900 sejarah dan Geografi

Buku-buku tersebut berbagai macam jenis dan jumlahnya pun tidak sedikit. Pada tanggal 29 April 2010 berjumlah 8.504 buah buku. Tidak hanya buku pelajaran saja yang terdapat di perpustakaan buku lainnya juga terdapat disana seperti novel, komik, cerita rakyat, legenda, majalah,dan karangan siswa-siswi pun terdapat di perpustakaan. Jadi siswa yang datang ke perpustakaan tidak hanya mencari buku dan belajar saja, tetapi bisa juga menenangkan diri karena suasana di perpustakaan kami sangat sejuk, bersih, rapi, dan tidak membosankan.  Nah buku-buku yang ada di perpustakaan kami di peroleh dari Dinas Pendidikan Kota Denpasar Provinsi Bali dan beberapa sekolah membeli sendiri. Buku yang di beri oleh Dinas Pemkot, akan  dicatat di buku induk yang terdiri dari tanggal, nomer induk buku, pengarang, judul, penerbit, tahun terbit, sumber, harga dan keterangan. Setelah pencatatan, buku tersebut di beri label yang harus di cap yang terdiri dari asal, tanggal pendaftaran, nomer inventaris, nomer klasifikasi dan penempelan aturan serta kartu buku yang berguna untuk meminjem buku. Dan juga buku tersebut telah diberi kode yang berfungsi untuk mengetahui siapa yang meminjam buku dan jenis buku yang di pinjam. Setiap peminjaman buku, akan di beri batas waktu oleh pegawai tersebut dalam jangka waktu 7 hari. Jika dalam jangka tersebut telat mengembalikan buku maka akan di kenakan denda pada masing-masing kelas.
Kelas X  : Rp 500,00/per hari
Kelas XI : Rp 100/per hari
Kelas XII : Rp 100/per hari. Dari sanalah kita menanamkan sikap desiplin pada setiap anak.

            Untuk mengurus perpustakaan yang luasnya 48 m2 , terdapat 3 petugas yang mengurusi diantaranya: I Gusti Made Karya, Gusti Agung Manik Astuti, dan Ni Komang Devi. Disini petugas tersebut bertugas untuk merawat buku dam membersihkan perpustakaan.

            Untuk meninjau lebih lanjut dan seiring dengan perkembangan zaman perpustakaan kami mempunyai layanan ruang referensi,  komputerisasai, dan layanan intenet. Ruang referensi adalah ruang yang hanya boleh membaca di tempat saja dan buku-buku referensi tidak boleh di pinjam seperti ensiklopedia dan kamus besar. Komputerisasi adalah alat yang digunakan untuk memudahkan menginput buku,memudahkan pegawai perpustakaan untuk mendata murid yang meminjam buku dan juga sebagai visiting list untuk menghitung pengunjung yang masuk atau datang ke perpustakaan. Alat komputerisasi ini baru ada sejak bulan Oktober 2009 tahun yang lalu. Tetapi pada tahun sebelumnya untuk menghitung jumlah pengunjung dilakukan dengan mengisi daftar kunjungan atau buku induk. Jumlah pengunjung dari tahun ketahun tidak menentu. Seperi data yang kami terima dari tahun:
            Dari data tersebut telah di ketahui berapa jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan. Dan dari tahun 2007 sampai selanjutnya tidak ada laporan dan mulai dari tahun 2009  sudah kembali di data jumlah pengunjungnya dengan alat komputerisasi. Dalam meraih prestasi, dan juga  karena hasil dari siswa yang peduli terhadap lingkungan sekitar serta  berwawasan dan pegawai yang peduli terhadap”Mutu dan Kwalitas Pendidikan”  keberadaan perpustakaan di SMA Negeri 5 telah meraih prestasi yaitu “Juara Harapan I Lomba Perpustakaan Pada Tahun 2004” yang diadakan oleh Badan Perpustakaan Daerah. Keberadaan perpustakaan mermbuat  prestasi siswa, seperti contoh siswa-siswi yang akan mengikuti lomba bisa belajar di perpustakaan karena terdapat fasilitas seperti LCD, alat visual, dan juga 8 bilik untuk tempat membaca. Selain tempat untuk mencari ilmu perpustakaan mempunyai fungsi yang ganda, yaitu juga di gunakan sebagai tempat untuk rapat, pertemuan osis, pertemuan tamu, dan untuk menerima tamu yang berkunjung ke sekolah kami. Apalagi pelayanannya sangat ramah dan dan tidak segan-segan membantu kita di saat mengalami kesulitan dalam mencari sesuatu yang di perlukan.
Tidak mau kalah dengan dengan sekolash lainnya, perkembangan perpustakaan di sekolah pun meningkat dari tahun ketahun di tambah lagi dengan adanya laporan di setiap bulan dengan menggunakan media alat komputerisasi agar pegawai tidak sulit menentukan banyak pengunjung, dan data buku yang di pinjam dalam membuat laporan tentunya. Perpustakaaan kami juga melayani siawa-siswi yang ingin menge-print tugas atau data lainnya karena telah di sediakan oleh sekolah 1(satu) computer khusus untuk nge-print, sehingga murid tidah usah keluar sekolah hanya untuk menge-print tugas saja. Selain itu perpustakaan juga memiliki tata tertib atau peraturan sebagai mana bila kita sudah memasuki area perpustakaan kita harus patuh dan taat. Peraturan tersebut harus dan wajib di taati oleh semua anggota sekolah. Jika di tinjau dari dari pernyataan tersebut ada atau tidakkah hubungan perpustakaan dengan sekolah kita yang dulu RSBI menjadi SBI kemungkinan besar ada, karena jika sekolah yang memiliki standart SBI dan tidak ada penunjangnya itu akan mustahil, maka peran dari perpustakaan dalam meningkatkan mutu dan kwalitas pendidikan sangat penting untuk memajukan sekolah yang mempunyai wawasan internasional. Dan jika di setiap sekolah tidak memilki perpustakaan yang di fungsikan dengan baik  maka sekolah tersebut tidak akan menjadi sekolah yang maju dan penuh wawasan bagi muridnya, oleh karena itulah peran perpustakaan sangat di pertanggung jawabkan oleh setiap anggota sokolah, tidak hanya siswa dan pegawai yang petugas di perpustakaan. Perpuatakaan bukanlah ajang untuk mengoleksi buku tetapi juga menambah ilmu pengetahuan dan menunjang Pembangunan Nasional serta mencerdaskan dan kehidupan bangsa. Maka dari itu, kembangkan dan tingkatkan minat baca sejak dini.

^ Tugas Bahasa Indonesia saat saya masih duduk di kelas X kira kira tahun 2009 :D

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

Bagus Asta Iswara Putra, A.A Sagung Kartika Dewi Abstract The aim of this study was to examine the direct effect of job satisfaction ...