Perusahaan dan Letak Perusahaan


Pengertian Perusahaan

Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat
.



Letak Perusahaan

Letak perusahaan sering pula disebut Tempat Kediaman perusahaan, yaitu tempat dimana perusahaan melakukan kegiatan sehari-hari. Sedangkan istilah Tempat Kedudukan Perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan.
Jenis Letak Perusahaan :

1.      Letak perusahaan yang terikat pada alam
Letak perusahaan ini sangat dipengaruhi oleh sumber-sumber alam, jadi tidak dapat ditentuakan oleh manusia; misalkan, usaha Pertanian, Pertambangan.
2.      Letak perusahaan berdasarkan sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu. Misalkan kerajinan batik di daerah Surakarta dan Yogyakarta, hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam Kraton di kedua kota itu.
3.      Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah
Dalam hal ini Pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan harus menjalankan aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat di sekitar lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahaan itu. Misalnya, pabrik senjata/amunisi, peternakan babi dan pabrik obat-obatan.
4.      Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industry. Di sini ada beberapa factor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan :
a.    Dekat dengan bahan baku
b.    Dekat dengan pasar
c.    Dekat dengan pemasok tenaga kerja
d.    Dekat dengan penyedia sumber energy
e.    Ongkos transport
f.     Besarnya suplai modal

2 comments:

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

Bagus Asta Iswara Putra, A.A Sagung Kartika Dewi Abstract The aim of this study was to examine the direct effect of job satisfaction ...